Langsung ke konten utama

mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan dan membuat laporan hasilnya

Mengevaluasi Kegiatan Administrasi Keuangan
 Dan Membuat Laporan Hasilnya

1. Pengertian Evaluasi
     Kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran. Evaluasi adalah suatu kegiatan sistematis dan terencana untuk mengukur, menilai, dan klasifikasi pelaksanaan dan keberhasilan program.

2. Pengertian Administrasi Keuangan
     Administrasi keuangan adalah suatu kebajikan mengenai pengadaan dan penggunaan keungan organisasi untuk mewujudkan kegiatan organisasi tersebut, dimana bentuknya berupa pengelolaan keungan meliputi perencanaan, pengaturan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan.

3. Evaluasi kegiatan administrasi keuangan
     Langkah evaluasi diperlukan untuk mengetahui berbagai kekurangan serta kelemahan selama proses dalam kegiatan administrasi keuangan. Dengan melakukan evaluasi, secara otomatis dapat diketahui pula segala kekurangan dan kelemahan dari proses kegiatan administrasi keuangan.
     Laporan kegiatan hasil evaluasi adalah suatu bentuk penyampaian informasi mengenai perkembangan suatu bentuk administrasi.
     Manfaat dari penyusunan laporan evaluasi kegiatan adalah sebagai berikut.
     a. Laporan kegiatan usaha dapat dijadikan indikator untuk pengembangan rencana selanjutnya.
     b. Laporan kegiatan usaha di evakuasi untuk penentuan langkah selanjutnya.
     c. Bukti laporan kegiatan yang telah dilaksanakan.
     d. Guna mengetahui proses dan perkembangan kegiatan yang diikuti.

ditulis oleh: fitri nur aini

Sumber:
1. Muftias, Anis. 2018. _Otomatisasi Tata Kelola Keuangan_. Bogor: Yudhistira
2. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-administrasi-keuangan.html
3. https://sabilafatma.wordpress.com/2017/12/13/mengevaluasi-kegiatan-administrasi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDOKUMENTASIAN BUKTI-BUKTI TRANSAKSI

Hai, teman-teman. Selamat datang di ruang belajar pendidikan, kali ini ruang belajar pendidika akan membahas tentang prosedur pendokumentasian bukti-bukti transaksi. Bukti Transaksi Intern dan Ekstern Bukti Transaksi Intern : Bukti pencatatan perubahan posisi keuangan yang terjadi dalam kegiatan intern perusahaan itu sendiri.Contoh: Memo, bukti pengeluaran kas, dsb. Bukti Transaksi Ekstern Bukti pencatatan transaksi keuangan yang terjadi dengan pihak luar perusahaan.Contoh: Faktur, kuitansi, cek, dsb. Prosedur pendokumentasian bukti-bukti transaksi Pengelolaan dokumen atau pengarsipan dokumen bukti transaksi merupakan arsip yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, penyimpanannya harus tertib agar mudah dicari apabila dibutuhkan dan agar tidak mudah rusak. Berikut cara penyimpanan bukti transaksi yang baik: A. Peralatan yang digunakan          Peralatan yang digunakan dalam penyimpanan bukti transaksi adalah peralatan yang memban...

MANFAAT DAN TUJUAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

Hai, teman-teman. Selamat datang di Ruang Belajar Pendidikan. Kali ini, Ruang Belajar Pendidikan akan membahas mengenai manfaat dan tujuan dari laporan pertanggungjawaban. Sebelum mengetahui manfaat dan tujuan dari laporan pertanggungjawaban, alangkah baiknya teman-teman tahu apa itu laporan pertanggungjawaban! Laporan pertanggungjawaban adalah suatu laporan yang dibuat untuk mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran atau pelaksanaan tugas yang telah dilakukan. Nah, sudah tau kan pengertian laporan pertanggungjawaban, sekarang akan dibahas mengenai manfaat dan tujuaannya. Yuk simak! ☆MANFAAT :     Beberapa manfaat dari laporan pertanggungjawaban, diantaranya : 1. Digunakan sebagai bahan perbandingan untuk membuat proposal kegiatan. 2. Dijadikan dokumen atau bukri nyata yang bisa dijadikan kenang-kenangan. 3. Dipakai untuk laporan  kepada penyumbang  atau donatur agar mau untuk menyumbang lagi. 4. Bukti agar tidak ada saling mencurigai terhadap ...