Langsung ke konten utama

SURAT PRIBADI || PENGERTIAN, CIRI, MACAM, DAN TUJUANNYA

Hai, teman-teman. 

Kali ini ruang belajar pendidikan akan membahas tentang surat pribadi. Beberapa orang masih merasa kebingungan tentang apa itu surat pribadi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak paparannya berikut ini!

Pengertian Surat Pribadi

     Berikut adalah pengertian tentang surat pribadi 

Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk kepentingan pribadi yang ditujukan kepada pihak lain, baik kepada seseorang maupun kepada organisasi/perusahaan.

Surat pribadi tentu berbeda dengan surat-surat lainnya. Beberapa hal yang membedakannya, yakni :
1. Penulisan surat pribadi menggunakan pronomina yang mengacu langsung kepada diri seseorang, yakni saya.
2. Tidak memiliki aturan khusus dalam penulisannya (bebas).
3. Surat pribadi tidak memiliki kepala/kop surat, nomor surat, jabatan surat, atau simbol-simbol organisasi.
4. Surat pribadi berbentuk tulisan panjang dan berisikan hal-hal yang sifatnya pribadi, tidak menyangkut instansi atau organisasi tertentu.


Macam-Macam Surat Pribadi
Surat pribadi terbagi atas dua macam, yakni :
a) Surat pribadi yang sifatnya bersifat kekeluargaan, yakni surat pribadi yang dikirimkan seseorang kepada keluarga, kerabat, ataupun handai taulannya. Contoh : surat undangan, surat dari sahabat, surat ucapan belasungkawa.
b) Surat pribadi yang bersifat kedinasan (setengah resmi), yakni surat yang ditujukan kepada seseorang yang tergabung dalam suatu organisasi atau instansi tertentu. Contoh : surat izin tidak masuk kerja atau sekolah, dan surat lamaran kerja.

Tujuan Surat Pribadi
1. Untuk dapat memberikan suatu informasi atau kabar.
2. Untuk menunjukkan ekspresi perasaan dari penulis surat kepada si penerima.
3. Untuk memudahkan proses komunikasi.


Nah, itu dia beberapa hal mengenai surat pribadi. Sudah tahu kan apa itu surat pribadi, ciri-ciri yang membedakan surat pribadi dengan surat lainnya, macam-macam surat pribadi, dan tujuan surat pribadi.

Sumber :
-Buku
R., Sri Endang, dkk. 2018. Korespondensi. Jakarta. Erlangga.

-Internet
Maxmanroe 2019
(https://www.maxmanroe.com/vid/surat/pengertian-surat-pribadi.html)

Arifin Saddoen 2019
(https://moondoggiesmusic.com/contoh-surat-pribadi/amp/)


Terima kasih :) .

Ditulis oleh Ananda Intan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDOKUMENTASIAN BUKTI-BUKTI TRANSAKSI

Hai, teman-teman. Selamat datang di ruang belajar pendidikan, kali ini ruang belajar pendidika akan membahas tentang prosedur pendokumentasian bukti-bukti transaksi. Bukti Transaksi Intern dan Ekstern Bukti Transaksi Intern : Bukti pencatatan perubahan posisi keuangan yang terjadi dalam kegiatan intern perusahaan itu sendiri.Contoh: Memo, bukti pengeluaran kas, dsb. Bukti Transaksi Ekstern Bukti pencatatan transaksi keuangan yang terjadi dengan pihak luar perusahaan.Contoh: Faktur, kuitansi, cek, dsb. Prosedur pendokumentasian bukti-bukti transaksi Pengelolaan dokumen atau pengarsipan dokumen bukti transaksi merupakan arsip yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, penyimpanannya harus tertib agar mudah dicari apabila dibutuhkan dan agar tidak mudah rusak. Berikut cara penyimpanan bukti transaksi yang baik: A. Peralatan yang digunakan          Peralatan yang digunakan dalam penyimpanan bukti transaksi adalah peralatan yang memban...

MANFAAT DAN TUJUAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

Hai, teman-teman. Selamat datang di Ruang Belajar Pendidikan. Kali ini, Ruang Belajar Pendidikan akan membahas mengenai manfaat dan tujuan dari laporan pertanggungjawaban. Sebelum mengetahui manfaat dan tujuan dari laporan pertanggungjawaban, alangkah baiknya teman-teman tahu apa itu laporan pertanggungjawaban! Laporan pertanggungjawaban adalah suatu laporan yang dibuat untuk mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran atau pelaksanaan tugas yang telah dilakukan. Nah, sudah tau kan pengertian laporan pertanggungjawaban, sekarang akan dibahas mengenai manfaat dan tujuaannya. Yuk simak! ☆MANFAAT :     Beberapa manfaat dari laporan pertanggungjawaban, diantaranya : 1. Digunakan sebagai bahan perbandingan untuk membuat proposal kegiatan. 2. Dijadikan dokumen atau bukri nyata yang bisa dijadikan kenang-kenangan. 3. Dipakai untuk laporan  kepada penyumbang  atau donatur agar mau untuk menyumbang lagi. 4. Bukti agar tidak ada saling mencurigai terhadap ...

mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan dan membuat laporan hasilnya

Mengevaluasi Kegiatan Administrasi Keuangan  Dan Membuat Laporan Hasilnya 1. Pengertian Evaluasi      Kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran. Evaluasi adalah suatu kegiatan sistematis dan terencana untuk mengukur, menilai, dan klasifikasi pelaksanaan dan keberhasilan program. 2. Pengertian Administrasi Keuangan      Administrasi keuangan adalah suatu kebajikan mengenai pengadaan dan penggunaan keungan organisasi untuk mewujudkan kegiatan organisasi tersebut, dimana bentuknya berupa pengelolaan keungan meliputi perencanaan, pengaturan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan. 3. Evaluasi kegiatan administrasi keuangan      Langkah evaluasi diperlukan untuk mengetahui berbagai kekurangan serta kelemahan selama proses dalam kegiatan administrasi keuangan. Dengan melakukan evaluasi, secara otomatis dapat diketahui pula segala kekurangan dan kelemahan dari proses kegiatan admi...